Spanyol Menjuarai Euro keempat Usai Kalahkan Inggris

Rabu, 17 Juli 2024 - 16:28
Bagikan :
Spanyol Menjuarai Euro keempat Usai Kalahkan Inggris
[Sumber Foto: Sport.detik.com]

alfikr.id, Jerman- Spanyol berhasil menjadi juara Euro 2024 setelah mengalahkan Inggris dengan skor 2-1 pada laga Final yang berlangsung di Stadion Olimpiade, Berlin, Senin (15/07/2024) dini hari. Gol Mikel Oyarzabal di menit akhir membawa spanyol menjadi juara Euro untuk yang keempat kalinya

Setelah skor sama kuat pada babak pertama, spanyol berhasil unggul lebih dahulu lewat gol Nico Williams di awal babak kedua. Inggris kemudian berhasil menyamakan skor lewat gol Palmer yang masuk sebagi pemain pengganti. Namun, Mikel Oyarzabal mampu mencetak gol di menit akhir, sekaligus mengubur mimpi timnas Inggris untuk mendapatkan gelar Euro yang pertama kalinya.

Jalannya Pertandingan

Sejak peluit babak pertama di mulai, timnas Spanyol berhasil menguasai jalannya pertandingan. Pertempuran di lini tengah didominasi oleh anak asuh Luis De La Fauente itu. Meski lebih banyak mendominasi penguasaan bola, tim yang berjuluk La Furia Roja, masih kesusahan untuk menembus benteng pertahanan timnas Inggris yang dijaga cukup rapat.

Bahkan, beberapa usaha dari pemain spanyol baik dari umpan terobosan maupun aksi individu, masih bisa dihalau oleh pertahanan the three lion. Timnas Inggris yang Dikepung habis-habisan, pada akhirnya hanya mengandalkan serangan balik cepat hasil dari kesalahan umpan para pemain spanyol.

Peluang emas spanyol baru tercipta pada menit ke-43. Saat Alvaro Morata menyambut umpan terobosan di dalam kotak penalti. Namun, sebelum menembak, pemain bertahan inggris berhasil mengeblok peluang tersebut. Anak asuh Gareth Southgate akhirnya mampu mendapat peluang emas pada masa injury time. Saat umpan dari tendangan bebas mengarah langsung ke Phil Foden. Tapi, sepakan dari dalam kotak penalti itu masih berhasil ditahan oleh kiper Unai Simons. Skor bertahan 0-0 hinga turun minum.

Memasuki babak kedua pelatih spanyol menarik keluar Rodri dan digantikan oleh Martin Zubimendi. Dua menit berselang, tepatnya di menit ke-47 Nico Wiliams mampu membawa Spanyol unggul 1-0, setelah umpan dari Lamine Yamal berhasil dimanfaatkannya dengan baik.

Meski unggul, timnas Spanyol tidak mencoba untuk bertahan sedikit pun dan ingin terus menambah gol. Itu terbukti pada menit ke-49 Dani Olmo nyaris menambah keunggulan. Namun, tendangannya masih melebar ke sisi kanan gawang Inggris. Nico William yang tampil apik, juga berhasil membuka peluang di menit ke-56 setelah mendapat umpan dari Fabian Ruiz. Tapi tembakannya masih masih melenceng di samping gawang Jordan Pickford.

Jude Belingham berduel dengan Lamine Yamal [sumber: Detikcom]
Jude Belingham berduel dengan Lamine Yamal. [Sumber Foto: Detikcom]

Melihat timnya tertekan, Gareth Southgate membuat perubahan dengan mengganti Hary Kane dan memasukkan Ollie Watkins pada menit ke-61.Tiga menit berselang, Jude Belingham mendapatkan ruang tembak setelah berhasil mengelabui beberapa pemain Spanyol. Namun sepakannya masih melebar ke kiri gawang yang dijaga oleh Unai Siomons.

Pada menit ke-66, Spanyol nyaris untuk menambah gol melalui serangan balik cepat. Namun tendangan dari Lamine Yamal itu masih mampu ditepis oleh Jordan Pickford. Kedua pelatih kembali melakukan pergantian pemain. Gareth Southgate memasukkan Palmer dan menarik keluar Mainoo. Sedangkan De La Faunte memasukkan Mikel Oyarzabal untuk menggantikan Alvaro Morata.

Pergantian yang dilakukan oleh Gareth Southgate itu, mampu membuahkan hasil pada menit ke-72. Setelah skema serangan balik cepat berhasil di manfaatkan Palmer untuk menciptakan gol. Tendangan kerasnya dari luar kotak penalti tidak mampu di halau oleh pertahanan timnas Spanyol. Sehingga membuat skor berubah menjadi 1-1.

Alih-alih membalikkan kedudukan, timnas Inggris justru mengalami malapetaka pada menit ke-86, setelah Marc Cucurella memberikan umpan datar ke dalam kotak penalti inggris dan disambut oleh Oyarzabal dengan langsung melepaskan tembakan yang tidak mampu di bendung oleh pertahanan the three lion. Skor berubah menjadi 2-1.

Inggris sempat mendapatkan peluang emas di menit akhir babak kedua. Namun sundulan dari Declan Rice dan Marc Guehi masih bisa di halau oleh para pemain spanyol. Hingga babak kedua selesai tidak ada gol lagi yang tercipta.  Dengan skor 2-1 Timnas Spanyol  akhirnya memastikan diri menjadi Juara Euro 2024.

Penulis
Abdul Rofid Juniardi
Editor
Khoirul Anam

Tags :