Presiden Jokowi Akan Tutup LSN 2016 di Yogyakarta

Rabu, 05 Oktober 2016 - 15:25
Bagikan :
Presiden Jokowi Akan Tutup LSN 2016 di Yogyakarta
Ilustrasi LSN

JAKARTA, ALFIKR.CO- Liga Santri Nusantara yang melibatkan sekitar 1.024 pesantren seluruh nusantara, akan memasuki seri 32 nasional. Seri nasional akan dilaksanakan pada tanggal 21 – 30 Oktober, di Yogyakarta.

Mukafi Makki, Direktur Pelaksana LSN menjelaskan, 32 pesantren yang juara  di masing regional akan bertanding di seri nasional yang dibagi menjadi 8 grup. Masing-masing gru terdiri dari 4 tim, dengan sistem semi kompetisi.

"Juara grup dan raner up, akan melaju ke babak 16 besar dengan sistem gugur, hingga nanti masuk pada babak final yang akan berlangsung di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta," kata Mukafi Makki, Rabu (5/10/2016).

Perhelatan seri nasional akan dilaksanakan di enam lapangan berbeda antara lain; Stadion Maguwoharjo, Tridadi, Sultan Agung, Baturetno, Dwi Windu, dan dua lapangan AURI Yogyakarta.

Mukafi menambahkan, penutupan LSN akan dilakukan setelah final yang rencananya akan dihadiri langsung oleh Presiden Joko Widodo, Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, dan Ketua Umum PBNU KH. Said Aqil Siroj. 

“Insya Allah LSN akan ditutup langsung oleh Presiden Joko Widodo,” ucapnya.

Menurut KH. Abdul Ghaffar Rozin, Ketua Pelaksana LSN yang sekaligus Ketua RMI Pusat, semangat besar yang mendorong lahirnya Liga Santri Nusantara, diharapkan mampu mengangkat prestasi santri pada bidang olahraga.

“Dengan potensi pesantren yang berjumlah 27 ribu seluruh Indonesia dan 3,6 juta santri, jika digali pasti akan ditemukan ribuan santri yang memiliki potensi dalam bidang olahraga,” ungkapnya.

Menpora Imam Nahrawi mengatakan, LSN merupakan salah satu bukti kehadiran negara atau pemerintah pada setiap komponen masyarakat, serta memastikan bahwa setiap anak bangsa, begitupun santri melihat dan menjadikan olaharaga sebagai sesuatu yang penting dalam membentuk karakter, watak, dan mental anak bangsa.

Turnamen LSN seri nasional juga untuk menyambut Hari Santri Nasional yang telah ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo pada tanggal 22 Oktober, yang merupakan peristiwa terjadinya Resolusi Jihad.

Bagi juara I LSN 2016, akan mendapat uang pembinaan sebesar Rp 150 juta, juara II Rp100 juta, juara III Rp 75 juta, dan Rp 50 juta untuk juara IV. Di samping itu, tim fair play akan diberikan hadiah uang Rp 30 juta, pemain terbaik Rp 10 juta, dan Rp 10 juta bagi top scorer.(*)

Penulis
Editor
Ahmad Efendi

Tags :