Mobilisasi PNS di Parade Kita Indonesia Jadi Sorotan DPR

Senin, 05 Desember 2016 - 07:12
Bagikan :
Mobilisasi PNS di Parade Kita Indonesia Jadi Sorotan DPR
Sampah berserakan di area car free day yang ditempati sebagai parade Kita Indonesia.

JAKARTA, ALFIKR.CO - Adanya mobilisasi Pegawai Negeri Sipil (PNS) dari beberapa kementrian dalam parade Kita Indonesia yang digelar di lokasi car free day (CFD) di Jakarta, Ahad (4/12/2016) kemarin mendapat sorotan DPR. Pengerahan PNS tersebut, dinilai mengulang praktik yang pernah dilakukan di masa Orde Baru (Orba).

Wakil Ketua Komisi Dalam Negeri DPR, Almuzzammil Yusuf mengatakan, surat elektronik mobilisasi PNS yang sudah beredar secara viral, jika benar adanya maka praktik demikian sudah seperti Orba.

"Jika surat itu benar, maka situasi saat ini mengembalikan memori pada Orba dimana semua PNS dimobilisasi untuk mendukung kegiatan politik pendukung pemerintah,” terang Almuzzammil.

Padahal, imbuh Almuzzammil, PNS harus netral dan dilarang keras terlibat langsung dalam kegiatan politik praktis. PNS seharusnya kritis terhadap kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah. Jika ada kebijakan yang melanggar prinsip aparatur sipil negara, maka hendaknya kebijakan itu jangan diikuti.

"Badan Kepegawaian Negara dan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi kami ingin agar menelusuri surat tentang mobilisasi PNS tersebut," ungkapnya.*

Penulis
Elang Mulia
Editor
Ahmad Efendi

Tags :