Saat Natal dan Tahun Baru Harga Barang Diprediksi Naik

Sabtu, 10 Desember 2016 - 07:49
Bagikan :
Saat Natal dan Tahun Baru Harga Barang Diprediksi Naik
Penjualan bawang merah di Pasar Dringu Probolinggo. (Foto: ALFIKR.CO)

JAKARTA, ALFIKR.CO - Permintaan barang kebutuhan pokok menjelang perayaan Natal dan tahun baru 2017, akan mengalami peningkatan. Hal ini memicu terjadinya kenaikan harga barang.

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kemendag Oke Nurwan menjelaskan, kenaikan harga bahan pokok masih dalam batas wajar. Untuk mengantisipasi tidak terkontrolnya harga, Kemendag akan melakukan pertemuan dengan pelaku usaha barang kebutuhan pokok.

"Kami perlu tahu berapa ketersediaan barang untuk konsumsi dan perkembangan harga di tingkat distributor," kata Oke Nurwan, Jumat (9/12/2016).

Selain itu, Kemendag juga perlu mengetahui ketersediaan pasokan dan perkembangan harga barang kebutuhan pokok, di masing-masing daerah. Daerah juga perlu melakukan antisipasi dan kesiapan dalam menghadapi perayaan Natal dan Tahun Baru 2017.

"pengawasan dan pengendalian terhadap peredaran barang-barang di bawah juga perlu diperhatikan. Sepertinya beredarnya barang kadaluarsa, impor ilegal dan barang yang membahayakan untuk dikonsumsi," ujarnya.

Langkah lainnya agar harga tetap stabil, yakni adanya pasar murah di daerah yang mayoritas merayakan Natal. Namun sampai saat ini, kondisi pasokan barang kebutuhan pokok terutama beras, gula, minyak goreng, daging sapi, dan daging ayam masih aman.

Penulis
Elang Mulia
Editor
Ahmad Efendi

Tags :