Bangun Pesantren Pertama Di Amerika, Shamsi Ali Galang Dana

Kamis, 16 November 2017 - 07:11
Bagikan :
Bangun Pesantren Pertama Di Amerika, Shamsi Ali Galang Dana
Shamsi Ali (Foto:Kitabisa.com)

SULSEL, ALFIKR.CO – Pria asal Kabupaten Bulu Kumba, Sulawesi Selatan, Shamsi Ali, melakukan penggalangan dana melalui situs kitabisa.com guna mendirikan pesantren pertama di Amerika Serikat.

Presiden Nusantara Foundation ini mengatakan untuk bisa membangun pesantren di Amerika membutuhkan sekitar 1 juta dolar atau setara Rp 13 miliar rupiah. Jumlah itu meliputi 750 ribu dolar untuk pembelian lahan dan 250 ribu dolar untuk pembersihan sekaligus pengembangan lahan.

“Saya sudah berkeliling ke beberapa tempat dan menemukan lokasi di kota kecil Moodus, Connecticut. Insya Allah tepat untuk pesantren. Mohon dukungannya,” kata Shamsi, imam besar di Islamic Cultural Centre of New York, masjid terbesar di Amerika.

Namun setelah bertemu dengan ‘land lord (pemilik lahan), dia diberi tenggat waktu untuk melunasi pembelian pada akhir November 2017. “Jika tidak, lahan ini bisa diambil pihak lain. Untuk itu saya mengajak sahabat-sahabat semua untuk berkenan mendukung pesantren ini,” harapanya.

Karenanya keterbatasan waktu dengan membayar biaya pembelian lahan tersebut, membuat Imam Shamsi Aly berharap umat Islam untuk ikut menyalurkan bantuan demi terwujudnya pusat pendidikan Islam di negara Amerika itu. Pesantren ini, terang dia, juga sebagai jawaban atas kesalahpahaman dan Islamphobia yang semakin meninggi di Amerika.

“Jika bicara pendidikan Islam di USA masih belum di temui pusat pendidikan Islam yang dikelola oleh muslim Indonesia, padahal terbukti muslim Indonesia memiliki warna dakwah yang khas dan unik dari yang disampaikan komunitas muslim asal Pakistan ataupun dari Timur Tengah.” Ungkapnya. Dia mengatakan pesantren tersebut merupakan usaha  

Melalui kitabisa.com dia mengajak umat Islam di Indonesia untuk turut mendukung pembangunan pesanteren pertama di Amerika serikat. Saat ini uang yang terkumpul senilai Rp 1.294.766.853  dari 629 orang donatur. Rencana pendirian Pesantren menempati lahan seluas 7,4 hektare.

 “Publik yang ingin turut membantu bisa mengirimkan donasi melalui website kitabisa.com/pesantrenamerika. Di momen hari pahlawan ini, mari kita turut membantu mereka yang menjadi pahlawan dengan terus membagikan syiar Islam,” tambahnya.

Penulis
Wandy Abdullah
Editor
Putro Hadi

Tags :