Jokowi: Jasa Ulama, Kiai dan Santri Menjaga Ukhuwah Kebangsaan

Sabtu, 03 Februari 2018 - 21:46
Bagikan :
Jokowi: Jasa Ulama, Kiai dan Santri Menjaga Ukhuwah Kebangsaan
Presiden Jokowi saat berkunjung ke Ponpes Salafiyah Syafiiyah Sukorejo (Foto:Laily Rachev/Biro Pers Setpres)

SITUBONDO, ALFIKR.CO- Presiden Republik Indonesia, Jokowi atau Joko Widodo memberi apresiasi kepada para ulama, kiai dan santri karena menjaga keberagaman dan persaudaraan (ukhuwah) bangsa Indonesia.

Itu disampaikan Jokowi saat menghadiri Haul Majemuk Masayekh Ponpes Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo, Sumberejo, Banyuputih, Kab Situbondo, Sabtu (03/02/2018). Dia mengatakan dunia mengagumi Indonesia dengan 260 juta penduduk, 17 ribu lebih pulau, 714 ribu suku dan 110 ribu bahasa.   

“Saat ini dunia melihat bahwa Islam di Indonesia adalah Islam yang rahmatan lil alamin. Dan lihatlah bagaimana umat di Indonesia bisa menjaga ukhuwah kebangsaan dengan baik. Ini semua tidak lepas dari jasa yang mulia para alim ulama, kiai dan para santri,” katanya

Dia mencontohkan Afganistan, negara yang dikunjunginya beberapa hari lalu, mengalami konflik sudah 40 tahun. “Mohammad Ashraf Ghani, Presiden Afganistan bercerita, kalau dinegaranya hanya ada 7 suku, tapi 40 tahun konflik tiada henti dan sulit sekali didamaikan,” tambahnya.   

Oleh karenanya Jokowi meminta kepada seluruh masyarakat di Indonesia agar tetap menjaga ukhuwah. Dia menghimbau untuk berhati-hati jangan sampai ada gesekan, baik antar tetangga, suku, maupun antar agama.

Penulis
Zainul Hasan R.
Editor
M. Risky

Tags :