Satu Putra Probolinggo Di wisuda di Universitas Ternama di Yaman

Selasa, 25 Juni 2019 - 17:05
Bagikan :
Satu Putra Probolinggo Di wisuda di Universitas Ternama di Yaman
pemberian piagam kepada Mohammad Azizi Al-Mahbub

ALFIKR. CO- Yaman, Universitas Al Ahgaff merupakan salah satu universitas di Republik Yaman yang termasuk dalam anggota Persatuan Universitas Islam Benua Arab. Universitas tersebut memiliki beberapa fakultas, diantaranya adalah Syariah dan Hukum. Fakultas ini merupakan salah satu tujuan utama pelajar-pelajar Indonesia di Yaman.

Pada Kamis (20/06) lalu, universitas ternama tersebut kembali menggelar wisuda untuk mahasiswanya yang sudah menyelesaikan studi selama lima tahun. Wisuda adalah momen yang sangat dinanti-nanti oleh para mahasiswa setelah perjuangan panjang menjalani studinya.

Momen yang pada hari itu semua rasa menjadi satu, antara tangis dan tawa melebur. Hal itulah yang dirasakan 127 mahasiswa angkatan 20 Fakultas Syariah dan Hukum Universitas Al-Ahgaff. Salah satunya adalah mahasiswa asal Karanganyar Paiton, Probolinggo, yakni Mohammad Azizi Al-Mahbub, salah satu alumnus Pesantren Nurul Jadid, Paiton, Probolinggo.

Selain dari Indonesia yang berjumlah 99 wisudawan, para wisudawan berasal dari lintas negara, seperti Yaman, Saudi Arabia, Thailand, Somalia, Tanzania, Pakistan, dan lain-lain.

Turut hadir dalam acara tersebut Wakil Rektor, Dr. Shadiq Maknun As Seggaf, Dekan Fakultas Syariah dan Hukum, Ustad Abdullah bin Smith, Anggota Mufti kota Tarim, Syekh Muhammad Ali Alkhatib, segenap civitas universitas dan seluruh mahasiswa lintas negara.

Sebelum acara wisuda dimulai, para mahasiswa terlebih dahulu melantunkan bacaan maulid nabi dengan penuh kekhusyuan setelah salat Magrib waktu setempat. Setelah itu, dilanjutkan dengan salat Isya berjamaah, dan kemudian dilanjutkan dengan rangkaian acara wisuda.

Serangkaian acara meliputi pembukaan, pembacaan ayat suci Al-Qur’an, pembacaan Hadis Nabi SAW, dilanjutkan dengan sambutan-sambutan dan prosesi wisuda.

Sampai pada acara puncak, penyerahan penghargaan kepada peraih nilai imtiyaz (Summa Cumlaude) dan penyebutan nama-nama wisudawan disertai dengan penyerahan plakat kehormatan oleh Wakil Rektor  Universitas Al Ahgaff dan Dekan Fakultas Syariah dan Hukum kepada para wisudawan.

Dekan Fakultas Syariah dan Hukum, menegaskan kepada mahasiswa agar selalu sabar dan memiliki rasa tanggung jawab dalam menjalani proses bertalaqqi ilmu Syariah dengan segala bidangnya di Fakultas Syariah dan Hukum ini, sebab ilmu Syariah dan Tasawwuf di Tarim tidak hanya dipelajari dan dikaji, bahkan keduanya seakan-akan bergelinding dalam kehidupan keseharian penghuni Tarim.

Sementara itu, Dr. Shodiq Maknun as-Segaff, mengungkapkan rasa bahagia dengan digelarnya acara ini. Ia menyampaikan bahwasanya mencari ilmu itu tak ada yang berakhir, hanya saja kalian pindah dari tingkatan menimba ilmu ke tingkatan mengamalkan dan mengajari ilmu berbarengan dengan tetap mencari ilmu.

Rektor Universitas Al-Ahgaff pun memberi arahan kepada wisudawan via rekaman audio, agar tetap menjaga apa yang telah dipelajari dari ilmu Syariah dengan cara mengamalkannya.

Prosesi wisuda berjalan lancar hingga diakhiri dengan makan bersama, tepatnya jam 11.45 waktu setempat. Selamat kepada para wisudawan. Semoga ilmunya bermanfaat! Amin

(Sumber Foto: Mohammad Azizi Al Mahbub)

 

Penulis
Wandy Abdullah
Editor
M. Risky

Tags :