FKMTHI, Gelar Muktamar Tafsir Ke-II di UNUJA

Kamis, 09 Januari 2020 - 21:26
Bagikan :
FKMTHI, Gelar Muktamar Tafsir Ke-II di UNUJA
muktamar

PAITON, ALFIKR.CO-Forum Komunikasi Mahasiswa Tafsir Hadist Indonesia (FKMTHI) bersama Himpunan Mahasiswa Program Studi (Himmaprodi) Ilmu Alquran dan Tafsir (IQT) Universitas Nurul Jadid (UNUJA) Paiton, Probolinggo, mengadakan Muktamar Tafsir Nasional yang ke-II.

Kegiatan yang diselenggarakan di Aula Universitas Nurul Jadid, Paiton, Probolinggo, pada Kamis, 9 Januari 2020. Mengusung tema, "Nilai-nilai Al-qur'an Hadis dalam Mempromosikan Islam Wasathiyah,” yang akan berlangsung selama dua hari, mulai dari tanggal 9 sampai 10 Januari 2020.

Menurut Ketua Program Studi IQT, Fawaid Fuad, “tema muktamar kali ini, sanggat cocok, karena gagasan tentang Islam Wasathiyah harus disuarakan oleh kalangan mahasiswa. Untuk mewujudkan ajaran Islam yang penuh dengan rahmat,” ujarnya dalam sambutan opening serimonail kegiatan muktamar.

Peserta yang mengikuti kegiatan tersebut, mencapai 71 orang, terdiri dari pelbagai perguruan tinggi se-Indonesia.

Setelah opening serimonial, kegiatan dilanjutkan dengan seminar nasional. Terdapat tiga pembicara yang diundang, masing-masing memiliki tema pembahasan yang telah ditentukan, terbagi menjadi dua sesi.

Sesi pertama dengan tema pembahasan, peran alquran dan hadist dalam sejarah Indonesia terhadap upaya perdamaian dunia, disajikan oleh Prof. Dr. Abdul Mustaqim, M.Ag. Sementara, dengan pembahasan kesadaran kosmosentris dan antroposentris dalam perspektif alquran dan hadist, disajikan oleh Ahmad Sahidah, Ph.D.

Sedangkan pada sesi kedua, pembahasan kesetaraan gender menurut nilai-nilai alquran dan hadist, disajikan oleh Drs. KH. Afifuddin Muhajir, M.Ag.

Penulis
Febri Del Fitri Fauzi
Editor
Badrus Soleh

Tags :