Dampak Krisis Iklim, Tiga Kecamatan di Situbondo Kekeringan

Rabu, 31 Agustus 2022 - 20:02
Bagikan :
Dampak Krisis Iklim, Tiga Kecamatan di Situbondo Kekeringan
Sejumlah warga membawa air bersih yang didistribusikan di Desa Jatisari, Arjasa, Situbondo, Jawa Timur, Kamis (25/8/2022). [ANTARA FOTO/Seno]

alfikr.id, Situbondo-Kemarau mulai terasa di pelbagai daerah. Dampaknya yakni kekeringan. Beberapa catatan menyebutkan bahwa kondisi ini disebabkan oleh krisis iklim. Buntutnya krisis air bersih menjadi ancaman serius. Seperti yang dialami warga di tiga desa di tiga kecamatan Kabupaten Situbondo. 

Dalam beberapa pekan terakhir, sebanyak 1.762 KK yang tersebar di tujuh dusun mulai mengalami krisis air bersih dalam musim kemarau tahun 2022 ini. Tujuh dusun yang mengalami krisis air bersih di antaranya, Dusun Jambaran Timur, Jambaran Tengah, dan Jambaran Barat, Desa Plalangan, Kecamatan Sumbermalang, Dusun Sokaan Timur, Sokaan Barat, Desa Gunung Putri, Kecamatan Suboh.Selain itu, Dusun Bendusa, dan Dusun Polay Taman, Desa Jatisari, Kecamatan Arjasa, Situbondo.

Guna mencukupi kebutuhan air bersih masyarakat, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Situbondo mendistribusikan air bersih. 

Kepala BPBD Situbondo, Zainul Arifin mengatakan, berdasarkan permintaan sejumlah camat di Situbondo, ada tujuh dusun pada tiga desa di kecamatan, yang sudah mengalami krisis air bersih. Sehingga agar krisis air bersih tidak lebih parah, BPBD Situbondo mulai mendistribusikan air bersih.

“Untuk memenuhi kebutuhan warga, kami mendistribusikan empat hari sekali ke masing-masing dusun, yang mengalami krisis air bersih,” ujar Zainul Arifin, Rabu (31/8/2022).

Menurut dia, untuk mengantisipasi adanya wilayah yang mengalami  krisis air bersih pada musim kemarau tahun ini. Pihaknya mengimbau  kepada semua camat di Situbondo, untuk melaporkan kepada BPBD Kabupaten Situbondo.

Dengan harapan, petugas BPBD Situbondo segera mendistribusikan air bersih ke daerah yang mengalami kekeringan tersebut.

“Untuk mengantisipasi krisis air bersih pada tiga dusun tersebut, BPBD Situbondo akan mendistribusikan air bersih tersebut secara bergantian,” pungkasnya.

Penulis
Zulfikar
Editor
Adi Purnomo S

Tags :