Pulau Labengki Dijuluki Raja Ampatnya Sulawesi

Jum'at, 02 September 2022 - 16:19
Bagikan :
Pulau Labengki Dijuluki Raja Ampatnya Sulawesi
Pulau Labengki © krisbiantoandy Shutterstock

alfikr.id, Sulawesi-Pulau Sulawesi memiliki garis pantai yang panjang, dan menyimpan banyak destinasi wisata bahari yang kaya akan keindahan serta keanekaragaman hayati. Hampir setiap provinsinya memiliki wisata laut yang memukau, salah satunya Sulawesi Tenggara (Sultra).

Kepulauan yang diimpit oleh dua perairan ini, yakni Laut Flores dan Laut Banda, punya destinasi laut yang kaya dan wajib di kunjungi jika kaki sudah menginjak tanah Sulawesi Tenggara.

Sedikit jauh dari ibu kotanya Kendari, Sultra memiliki pulau yang sangat mengesankan, yakni Pulau Labengki. Pulau ini cukup luas dengan keindahan panorama tebing dan bukit serta pasir putih yang memukau.

Pulau Labengki terletak di Desa Labengki, Kecamatan Lasolo, Kabupaten Konawe Utara, Provinsi Sulawesi Tenggara. Pulau itu terdiri dari beberapa gugusan pulau karang besar serta pulau karang kecil. Sehingga Pulau Labengki dibagi menjadi dua Pulau Labengki Besar dan Pulau Labengki Kecil.

Untuk menuju Pulau Labengki Anda bisa menempuh jalur laut kurang lebih 5 jam perjalanan melalui kota kendari. Transportasi kapal dari Kendari pun bukanlah sebuah rute reguler, melainkan bagian dari paket wisata antar jemput 2 hari 1 malam dengan biaya sekitar 4 juta perkapal.

Dalam perjalanan menuju Pulau Labengki, sering pula para wisatawan berjumpa dengan lumba-lkarena perairan sekitar Pulau Labengki melintangi jalur migrasi beberapa hewan laut.

Sedangkan keindahan laut di pulau ini tidak perlu lagi diragukan, airnya yang jernih membuat Anda bisa menyaksikan langsung beraneka ragam hayati yang hidup di dalam lautnya dengan mata telanjang.

Selain itu di perairan Pulau Labengki, hidup spesies kerang terbesar kedua di di dunia yakni Kima, kerang raksasa yang lebarnya bisa mencapai 50 cm.

Pulau ini bukan pulau tak berpenghuni, ada sekitar 100 kepala keluarga Suku Bajo hidup di sana. Keberadaan Suku Bajo yang terkenal dengan kearifan lokalnya pun akan menambah value bagi wisatawan untuk datang ke Pulau Labengki.

Di lansir dari VALIDNEWS.id keindahan pulau ini kerap disandingkan dengan Raja Ampat yang sudah cukup terkenal, bahkan pulau ini mendapat julukan "Raja Ampatnya Sulawesi".

Di juluki sebagai Raja Ampatnya Suluwesi karena destinasi Pulau Labengki ini bernuansa hampir sama dengan Raja Ampat yang terdiri dari karang-karang besar yang menjelang diatas samudera diberbagai titiknya. Di samping itu terdapat teluk yang jika dilihat dari atas terlihat seperti gambar hati sehingga di juluki teluk cinta oleh wisatawan.

Teluk ini dapat diakses sekitar 20 menit dari perkampungan Suku Bajo di Pulau Labengki. Kawasan di sekitar Teluk itu terdapat banyak sekali pulau-pulau karang. 

Sayangnya pulau indah nan eksotis itu belum memiliki fasilitas penginapan, sehingga banyak wisatawan yang memilih untuk berkemah di pinggir pantai demi bermalam di pulau.

Penulis
Zulfikar
Editor
Adi Purnomo S

Tags :