Sepertiga Wilayah Pakistan Tergenang banjir

Sabtu, 03 September 2022 - 03:16
Bagikan :
Sepertiga Wilayah Pakistan Tergenang banjir
Sejumlah rumah terendam banjir setelah hujan monsun lebat membanjiri pemukiman di distrik Charsadda di provinsi Khyber Pakhtunkhwa, Pakistan, Sabtu (27/8/2022). [ Foto/ABDUL MAJEED/AFP via Getty Images

alfikr, Probolinggo-Akibat adanya hujan munson membuat sepertiga wilayah negara Pakistan tergenang banjir. Menteri Perubahan Iklim Pakistan Sherry Rehman mendedahkan satu samudera besar, tidak ada lahan kering untuk memompa air keluar juga pemicu peristiwa mengerikan itu.

Pakistan negara terbesar ke 33 didunia berdasarkan dari wilayah yang lebih luas dari Prancis, Jerman dan Turki. "Negera tersebut membentang 881.913 kilometer persegi," ucapnya di sindonews.com.

Negara terpadat kelima di dunia itu dihuni kurang lebih 242 juta orang, dari pelbagai suku dan agama.

Lanjutnya, apa yang terjadi di Pakistan sekarang sangat jauh dari monsun normal. "Banjir kali ini membuat krisis proporsi yang tak terbayangkan di Pakistan. Tercatat korban tewas sebanyak 1.191 orang,” ujar menteri itu.

Pria yang akrab disapa Rehman itu menyatakan, “Kami harus mengerahkan angkatan laut untuk pertama kalinya untuk beroperasi di Indo-Pakistan karena wilayah yang begitu luas terendam air.” tegasnya.

Penulis
Badrul Nurul Hisyam
Editor
Adi Purnomo S

Tags :