4 Keutamaan Salat Subuh Berjamaah

Senin, 05 September 2022 - 17:12
Bagikan :
4 Keutamaan Salat Subuh Berjamaah
Salat berjamaah di Masjid Baitul Muttaqien Islamic Islamic Center Jalan Selamet Riyadi Kota Samarinda. Sumber: Tribun Kaltim.co.

alfikr.id, Probolinggo - Salat subuh merupakan ibadah yang dilakukan mulai terbit fajar sampai terbit matahari. Dua rakaat dilakukan untuk menyempurnakan salat fajar tersebut.  

Namun banyak orang lalai melaksanakannya karena terlelap dalam tidur. Padahal salat subuh sendiri memiliki banyak keutamaan jika dilakukan secara tepat waktu, terutama saat berjamaah. 

Dalam suatu hadist disebutkan:

  عن بر يدة اللأ سليمي رضي الله عنه النبي – صلى الله عليه و سلم قا ل : بشر المشا ئين في الظلم الى المسجد با لنو رالتا م يو م القيا مة

Artinya: Dari Buraidah al-Aslami dari Nabi Muhammad, sampaikanlah berita gembira kepada orang-orang yang berjalan pada saat gelap menuju masjid, dengan cahaya yang sempurna pada hari Kiamat. (HR. Abu Dawud dan Tirmidzi)

Selain itu salat subuh yang dilaksanakan secara berjamaah lebih baik dari salat subuh sendirian. Dilansir jatim.nu.or.id, salat berjamaah akan mendapat pahala 27 derajat. 

Hal ini dapat dipahami bahwa salat subuh berjamaah memiliki banyak keutamaan. Diantara keutamaannya salat subuh berjamaah adalah sebagai berikut:

1. Sama Seperti Manusia yang Melakukan Salat Malam Sepanjang Waktu

Keutamaan salat subuh berjamaah sama seperti yang melakukan salat malam sepanjang waktu. Dalam hadist diriwayatkan dari Usman bin Affan Rasulullah bersabda: Barang siapa yang melakukan shalat subuh berjamaah, maka dia akan seperti manusia yang salat malam sepanjang waktu. (HR. Muslim)

2. Sama Seperti Pahala Haji dan Umrah

Begitu besarnya pahalanya bagi yang melaksanakan salat subuh berjamaah, sehingga disamakan seperti pahalanya haji dan umrah, dalam hadist di jelaskan Rasulullah bersabda: barang siapa yang salat subuh berjamaah kemudian dia duduk berdzikir kepada Allah hingga matahari terbit, lantas salat dua rakaat, maka baginya seperti pahalanya haji dan umrah, Rasulullah bersabda, yang sempurna, sempurna, sempurna. (HR. Tirmidzi)

3. Terhindar dari Penyakit Kemunafikan

Apabila kita melaksanakan salat subuh berjamaah akan dihindari dari penyakit kemunafikan sebagaimana yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah, Rasulullah bersabda: tidak ada salat yang lebih berat dilaksanakan bagi orang munafik dari pada salat subuh dan isya. Seandainya mereka tahu keutamaan yang terdapat didalamnya (subuh dan isya), niscaya mereka akan mendatanganinya meskipun dengan merangkak.

Sungguh aku berkeinginan untuk memerintahkan muadzin agar didirikan (iqamah) salat, lalu aku peritahkan seseorang untuk meminpin salat (berjamaah) kemudian aku mengambil bara api dan membakar rumah yang tidak keluar melaksanakan salat nerjamah di masjid tanpa alasan yang benar. (HR. Bukhari-Muslim)

4. Mendapat Jaminan dan Perlindungan Allah Swt

Orang yang melaksanakan salat subuh berjamaah akan mendapatkan perlindungan dari Allah. Hal ini di terangkan dalam hadist Rasulullah bersabda: Barang siapa yang melaksanakan salat subuh maka dia berada dalam jaminan Allah maka jangan sampai Allah menuntut kalian sesuatu apapun pada jaminannya, karena barang siapa yang dia tuntut pada jaminannya pasti dia akan mendapatkannya kemudian dia akan di telungkupkan pada wajahnya didalam Neraka. (HR. Muslim)

Penulis
Aminullah
Editor
Adi Purnomo S

Tags :