Tanda Lemahnya Imun dan Cara Mencegahnya.

Jum'at, 16 September 2022 - 03:54
Bagikan :
Tanda Lemahnya Imun dan Cara Mencegahnya.
Ilustrasi

alfikr.id, probolinggo - Ditelingah kita pasti sering mendengar istilah sistem imun atau sistem kekebalan tubuh. Menukil dari kompas.com, terbentuknya sistem imun tubuh manusia dari sel darah putih, antibodi dan kelenjar getah bening.

Sistem imun yang kuat menyebabkan tubuh lebih bugar. Sebaliknya, ketika individu terpapar infeksi, menandakan bahwa sistem kekebalan tubuh melemah. Sederhananya, sistem imun melindungi tubuh dari paparan infeksi.

Seseorang immunocompromised (istilah untuk menyebut sistem imun yang buruk) lebih rentan terpapar infeksi apabila sistem kekebalan melemah. Berikut cara menjaga tubuh agar tidak mudah terserang infeksi :

1.  Mencuci tangan

Salah satu cara termudah bagi seseorang dengan sistem kekebalan yang lemah untuk tetap sehat adalah sering mencuci tangan. Tangan merupakan bagian tubuh yang sering menyentuh sesuatu. Oleh sebab itu, mencuci tangan signifikan mengurangi penyakit. 

2. Jauhi orang yang sakit

Seseorang dengan sistem kekebalan yang lemah harus selalu menghindari kontak dekat, seperti berpelukan atau berciuman, dengan orang yang sakit sampai penyakitnya sembuh.

Penyakit menular dan virus dapat menyebar dari orang ke orang melalui kontak dekat. Mereka juga dapat menyebar melalui tetesan air yang dikeluarkan seseorang ke udara saat mereka batuk atau bersin. Oleh sebab itu harus menjauhi orang yang sedang sakit.

3. Disinfeksi benda di rumah

Virus atau kuman yang berpotensi menyebabkan penyakit dapat hidup di beberapa permukaan pada benda di rumah, seperti gagang pintu dan remote control. Oleh sebab itu, mendisinfeksinya secara teratur agar virus dan kuman mati.

Penulis
Masrur Luai Sadullah
Editor
Adi Purnomo S

Tags :