Gagal Memimpin Jakarta: Partai Nasdem Resmi Deklarasikan Anis Baswedan

Kamis, 06 Oktober 2022 - 21:11
Bagikan :
Gagal Memimpin Jakarta: Partai Nasdem Resmi Deklarasikan Anis Baswedan
Anis Baswedan bersama Surya Paloh [foto: Merdeka.com]

alfikr.id, Jakarta- Partai Nasdem resmi deklarasikan Anis Baswedan sebagai calon presiden tahun 2024. Hal itu disampaikan oleh Surya Paloh di Nasdem Tower, Jakarta Pusat, Senin (3/10/2022).

Dilansir dari Kompas.com, alasan Surya Paloh mengusung Anis Baswedan karena Gubernur Jakarta itu adalah sosok terbaik. 

"Kenapa Anies Baswedan? Jawabannya adalah why not the best? (mengapa tidak yang terbaik?)," kata Paloh di Nasdem Tower, Jakarta Pusat, Senin (3/10/2022).

Wawan Mas'udi selaku Dekan Depertemen Politik dan Pemerintah Fisipol UGM menilai, bahwa upaya yang dilakukan Palo hanya spekulatif saja.

"Ini move politik yang spekulatif. Pertimbangan pertama internal NasDem tidak punya tokoh untuk dicalonkan sebagai capres karena itu dia harus ambil tokoh populer, salah satunya Anies kan salah satu di antara capres yang populer," kata Wawan Kepada detikJateng, Senin (3/10/2022).

Dikutip dari Kompas.com, Wakil Ketua Umum Partai Nasdem Ahmad Ali menegaskan bahwa pihaknya tidak mempunyai hasrat untuk mengkaderkan figur siapapun untuk nyapres. Termasuk Anis. 

“Partai Nasdem tidak pernah berpikir untuk menasdemkan siapapun capres yang kita usung."

Sebelum Surya Palo memutuskan Anis sebagai calon Presiden 2024. Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), dari Fraksi PDI Perjuangan, DKI Jakarta. Sempat mengkritik Anis saat ia menyatakan siap menjadi capres 2024. Pasalnya, mereka menilai selama lima tahun memimpin Jakarta ia gagal.

“Dengan capaian hasil kerja pembangunan yang jauh dari rencana nampaknya Gubernur Anies gagal dalam kapasitas dalam kepemimpinan kinerja,” ucapnya kepada wartawan Tubasmedia.com

Penulis
Agus Wahyudi
Editor
Abdul Razak

Tags :