Pulau Bintan: Wisata Eksotis dan Menawan di Kepulauan Riau

Kamis, 06 Oktober 2022 - 01:42
Bagikan :
Pulau Bintan: Wisata Eksotis dan Menawan di Kepulauan Riau
Pulau Bintan, Kepulauan Riau [sumber: www.cruisemapper.com]

alfikr.id, Riau- Pulau itu terkenal akan deret resort mewah dan lapangan golf kelas dunia serta kindahan pesisir pantainya itu bernama pulau Bintan yang terletak di kepulauan Riau.

Pulau Bintan merupakan destinasi yang ramai di perbincangkan di kalangan wisatawan dan pecinta olahraga kelas dunia. Bagaimana tidak pulau ini memiliki berbagai jenis perhelatan olahraga di antaranya, marathon, triathlon, dan beragam olahraga ekstrem, hingga turnamen golf.

Untuk menuju ke Pulau Bintan dapat di tempuh menggunakan jalur laut dari pelabuhan Singapura, dan Johor Bahru Malasyia, serta  jalur udara dari Jakarta.

Dari Pelabuhan Singapura, terdapat 3 pilihan ferry (Penguin, Indo Falcon, dan Berlian atau Webmaster) yang menawarkan layanan berkala, dari Pelabuhan Tanah Merah Singapura menuju Pelabuhan Sri Bintan Pura di Tanjung Pinang dan Pelabuhan Bandar Bintan Telani di Bintan Resort.

Sedangkan Dari Johor Bahru, Malaysia, terdapat 5 ferry yang melayani jadwal harian antara Pelabuhan Ferry Johor Bahru menuju Pelabuhan Sri Bintan Tanjung Pura, dan Tanjung Pinang.

Bagi para wisatawan lokal dapat menggunakan jalur udara dengan maskapai penerbangan menuju Bandara Haji Fisabilillah di Pulau Bintan. Ada beberapa maskapai penerbangan yang bisa di gunakan, antara lain Garuda Indonesia, Lion Air, dan Sriwijaya Air.

Sebagai destinasi wisata andalan di Kepulauan Riau, akses menuju wisata di Bintan sangatlah mudah, Karena sudah ada taksi dan penyewaan mobil, serta bus yang bisa di temukan, baik di pelabuhan ferry maupun di resor. Bahkan, sebagian besar resor yang ada di Bintan sudah dilengkapi dengan shuttle bus.

Selain itu, pulau ini terdapat penyewaan sepeda motor di sepanjang pulau, sehingga para wisatawan dengan mudah bisa menjelajahi Bintan.

Pulau Bintan terdapat beberapa destinasi wisata yang bisa dikunjungi di anyaranya; 

Resor Anmon Lagoi

Pulau Bintan [dok: Indonesia.travel]

Anmon Resort merupakan penginapan bertaraf internasional di kawasan Lagoi. Selain itu terdapat fasilitas super mewah yang setara dengan hotel bintang lima, seperti kolam renang, restoran, ruang meeting, bar, dan akses internet gratis. Daya tarik pada resor ini terletak pada desain kamarnya yang unik, berupa kerucut koppel bernuansa romantis.

Pulau Penyengat

Pulau yang dulunya merupakan pusat Kerajaan Melayu Riau-Lingga ini memiliki bangunan arsitektur perpaduan antara Jawa dan kolonial yang kental. Selain itu terdapat Masjid Agung Sultan Riau. Uniknya, masjid ini dibangun dengan menggunakan campuran putih telur dan jeruk nipis sebagai semennya.

Pantai Trikora 

Pantai tersebut terkenal dengan airnya yang sejernih kristal dan biota lautnya yang kaya, sehingga selain itu para wisatawan dapat bersantai dengan tenang, selain itu Pantai Trikora kerap dijadikan sebagai destinasi snorkeling.

Desa Senggarang dan Sebung

Di pulau Bintan para wisatawan dapat menyaksikan kearifan lokal masyarakat setempat di Desa Senggarang dan Sebung. Di Desa Senggarang, para wisatawan akan merasakan perpaduan budaya dan tradisi nusantara dan Tiongkok yang sangat kental. Dan terdapat kuil bergaya Tiongkok yang bisa dikunjungi selama berada di sini.

Sedangkan Desa Sebung para pengunjung dapat melihat aktivitas masyarakat di desa yang sebagian besar merupakan nelayan. Selain itu, Desa Sebung merupakan tempat yang cocok untuk menikmati olahan makanan laut terbaik di Pulau Bintan. 

Terletak di dekat Sungai Sebung di restoran apung, atau sering disebut Kelong. Di restoran ini para wisatawan dapat menikmati  pemandangan hutan bakau sambil menyantap olahan makanan laut.

Sumber Indonesia.travel

Penulis
Zulfikar
Editor
Ahmad Efendi

Tags :