Berikut 5 Penyebab Penyakit Miningitis

Rabu, 05 Oktober 2022 - 19:30
Bagikan :
Berikut 5 Penyebab Penyakit Miningitis
Ilustrasi seseorang terkena penyakit miningitis [sumber foto: Harapanrakyat.com]

alfikr.id.Probolinggo- Meningitis merupakan penyakit peradangan di cairan dan selaput yang mengelilingi otak serta sumsum tulang. Sebenarnya, cairan dan selaput sebagai pelindung serebrospinal.

Biasanya, para penderita banyak mengeluhkan sakit kepala, leher kaku, dan demam. Perlu kiranya kita mengetahui penyebab dari penyakit miningitis tersebut.

Melansir dari health.kompas.com, berikut penyebab miningitis:

1. Virus

Virus yang bisa menyebabkan penyakit miningitis, diantaranya, enterovirus, herpes simpleks, campak, influenza, HIV, gondongan, sampai west nile.

2. Bakteri

Terdapat beberapa bakteri penyebab terjadinya meningitis, seperti, Streptokokus pneumonia, Streptokokus grup B, Neisseria meningitides, Haemophilus influenza, Listeria monocytogenes, E.coli, atau Mycobacterium tuberculosis biang TB meningitis.

3. Jamur

Jamur yang dapat memicu miningitis adalah jamur coccidioides dan kriptokokus. Biasanya, jamur tersebut tidak mengancam jiwa, namun bisa mematikan dengan orang daya tahan tubuh lemah.

4. Parasit

Parasit seperti cacing pita, malaria serebral, bisa menyebabkan meningitis. Parasit dapat masuk melalui tubuh. Sehingga dapat menginfeksi disaat penderita berenang di kolam air tawar atau makan makanan yang terkontaminasi parasit ini.

5. Penyebab lain

Terkadang, penyebab meningitis bukan berasal dari infeksi tapi karena penyakit atau efek tertentu. Di antaranya penyakit lupus, efek obat NSAID dan antibiotik tertentu, cedera kepala, operasi otak, kanker, dan penyakit peradangan kronis sarkoidosis.

Apabila penyakit miningitis ini diabaikan dan tidak diobati, maka bisa berdampak serius pada kesehatan tubuh.

Penulis
Ageng Febriyan
Editor
Badrul Nurul Hisyam

Tags :