Pemicu Kandung Kemih Sakit

Sabtu, 08 Oktober 2022 - 16:57
Bagikan :
Pemicu Kandung Kemih Sakit
Gambar ilustrasi sistem perkemihan. [Sumber foto: grid.id]

alfikr.id, Probolinggo - Tempat untuk menampung urin adalah kandung kemih. Kandung kemih sendiri berada pada bagian bawah perut dan bisa melebar ketika menampung urine atau mengerucut ketika buang air kecil. Namun, terkadang kita pernah merasakan kandung kemih sakit. Melansir dari health.kompas.com, ada beberapa kondisi yang menyebabkan kandung kemih sakit.

1. Interstitial Cystitis (IC)

IC membuat rasa sakit, tekanan, atau rasa terbakar pada kandung kemih meskipun tingkat keparahannya akan berbeda-beda di setiap orang. Kondisi itu akan menyebabkan kandung kemih membengkak dan iritasi. Akibatnya, dinding kandung kemih akan mengembang ketika terisi oleh urine dan menjadi kaku.

2. Infeksi Saluran Kemih (ISK)

ISK dapat terjadi disaat bakteri, jamur, atau virus masuk ke dalam saluran kemih dan menyebabkan infeksi. ISK terjadi pada kandung kemih atau uretra yang berada pada bagian bawah saluran kemih. Meskipun jarang terjadi pada ureter dan ginjal, biasanya gejala yang dialami akan lebih parah.

3. Kanker kandung kemih

Karsinoma sel transisional Salah satu jenis kanker kandung kemih yang pertumbuhannya dimulai dari lapisan terdalam dari jaringan yang melapisi kandung kemih. Hal itu akan terjadi ketika sel kandung kemih bermutasi. Mutasi yang terjadi menyebabkan sel tersebut berkembang biak dengan pesat dan sel yang sehat akan mati.

Penulis
Badrul Nurul Hisyam
Editor
Ahmad Efendi

Tags :