Kehidupan Pasar Semampir Menjelang Pagi

Minggu, 09 Oktober 2022 - 05:21
Bagikan :
Kehidupan Pasar Semampir Menjelang Pagi
Rutinitas di Pasar Semampir, Kraksaan, Probolinggo, Minggu (09/10/2022) dini hari. [alfikr.id/Abdul Haq]

alfikr.id, Probolinggo- Jam tangan menunjukkan pukul 01.48 WIB. Pasar Semampir, Kraksaan, Probolinggo, Jawa Timur mulai ramai, Minggu (09/10/2022) dini hari. Pedagang sayur, ikan, daging, hingga warung kopi berbaur menjadi satu. Pembeli satu persatu mulai tampak berdatangan. 

Salah seorang pedagang sayur keliling sedang kulakan sebelum berkuling menjajakan dagangannya ke desa-desa, Minggu (09/10/2022). [alfikr.id/Abdul Haq]

Pasar yang beralamat di Jln. MT Haryono ini memang buka sejak malam hingga siang hari. Di pasar ini para pedagang sayur keliling kulakan dagangannya.  

Sembari menunggu pembeli, pedagang sayur-mayur ini membungkus dagangan dalam plastik. Selain diecer dia juga menyediakan kiloan, Minggu (09/10/2022). [alfikr.id/Abdul Razak]

Para pedagang yang berjualan di Pasar Semampir membeli barang dagangannya langsung dari petani dan nelayan. Rantai distribusi yang pendek ini mampu menjadi salah satu alternatif ekonomi.

Pedagang  tengah memilih tomat yang bagus untuk pembeli, Minggu (09/10/2022). [alfikr.id/Abdul Haq]
Meski pasar ini dibuka dari malam hari, namun  tak pernah sepi pembeli. Bahkan denyut pasar ini justru semakin kencang saat menjelang pagi. “Semakin pagi, semakin ramai,” ujar salah seorang penjual kopi yang alfikr.id temui. 

Pembeli membayar seperempat kilogram tomat dan cabai, Minggu (09/10/2022). [alfikr.id/Abdul Haq]

Pasar tradisional masih memiliki tempat di masyarakat Probolinggo. Perputaran ekonominya tak perlu diragukan. Meski sempat ngos-ngosan saat pandemi Covid-19. Kini kembali normal dan ramai. 

Berbagai jenis ikan laut juga dijajakan di Pasar Semampir, Minggu (09/10/2022). [alfikr.id/Abdul Razak]

Sembari menunggu pembeli, amatan alfikr.id, para pedagang ada yang sibuk merapikan dagangannya, ada pula yang bercanda antar pedangan. Tak lupa terus memanggil pembeli yang melintas.

Pembeli sedang memilih ikan layang yang segar, Minggu (09/10/2022). [alfikr.id/Abdul Haq]

Saking ramainya Pasar Semampir acapkali membuat arus lalu lintas macet. Para pedagang meluber hingga ke jalan raya. Namun itu tak menjadi masalah. Orang yang melintas pun memahami.

Pedangang menggelar lapak tepat di atas aspal jalan raya, Minggu (09/10/2022). [alfikr.id/Abdul Haq]
Meski kerap dianggap illegal, para pedagang memilih untuk tetap berjualan di pinggir jalan raya. Setelah rampung direvitalisasi para pedangang enggan pindah ke lantai dua Pasar Semampir. Bukan tanpa alasan, di lantai dua sepi pembeli dan susah mengangkut barang dagangan.

Warung kopi turut meramaikan denyut nadi pasar tradisional, Minggu (09/10/2022). [alfikr.id/Abdul Razak] 
Di pasar tradisional tak sekadar tempat transaksi jual beli. Lebih dari itu, obrolan-obrolan warung kopi di Pasar Semampir kian menghidupkan suasana. “BBM naik, harga-harga semakin mahal,” kata salah satu pengopi kepada alfikr.id. 

Penulis
Abdul Haq
Editor
Zulfikar

Tags :