Kenali Beberapa Jenis Gangguan Kesehatan Mental

Senin, 10 Oktober 2022 - 21:39
Bagikan :
Kenali Beberapa Jenis Gangguan Kesehatan Mental
Alodokter.com

alfkr.id-probolinggo Gangguan kesehatan mental jika dibiarkan begitu saja tanpa penanganan akan berdampak serius pada kesehatan jiwa. Biasanya, orang yang mengidap penyakit tersebut diakibatkan oleh tekanan dalam kehidupan sehari-harinya. 

Melansir di alodokter.com, sakit jiwa merupakan gangguan mental yang berdampak pada suasana hati, pola pikir, hingga tingkah laku secara umum. Perlu kiranya kita mengetahui jenis gangguan jiwa, berikut beberapa jenis gangguan jiwa :

1. Skizofrenia

Skizofrenia adalah jenis gangguan mental yang terjadi dalam jangka panjang. Skizofrenia dimasukkan dalam kategori gangguan jiwa berat yang menyebabkan pengidapnya mengalami halusinasi, delusi, kekacauan dalam berpikir, dan gangguan perilaku. 

Pada umumnya pengidap skizofrenia memiliki gejala, seperti sering mengasingkan diri, mudah marah, perubahan pola tidur, sering berhalusinasi, kesulitan berbicara atau mengungkapkan sesuatu, hingga perubahan perilaku yang menjadi tidak biasa.

2. Depresi Berat

Pengidap depresi berat akan lebih senang menyendiri dan memisahkan diri dari kegiatan sosial. Ciri-cirinya, perasaan sedih, tidak memiliki motivasi, putus asa, dan muncul keinginan bunuh.

Mengutip di halodoc.com, cara penanganannya diantaranya, psikoterapi, obat-obatan, pengobatan komplementer dan pengobatan fisik.

3. Gangguan kecemasan

Gangguan kecemasan merupakan perasan cemas yang sangat kuat, berlebihan, dan berlangsung lama. Jenis gangguan ini meliputi serangan panik, gangguan obsesif kompulsif, dan fobia.

Penulis
Ageng Febriyan
Editor
Badrul Nurul Hisyam

Tags :