Ma’ruf Amin: Pemberdayaan Ekonomi Umat itu Dibangun Berdasarkan Prinsip Keseimbangan

Rabu, 12 Oktober 2022 - 10:55
Bagikan :
Ma’ruf Amin: Pemberdayaan Ekonomi Umat itu Dibangun Berdasarkan Prinsip Keseimbangan
(Sumber foto/ Kompas.com)

Alfikr.id Apalagi pemerintah telah mendukung bisnis syariah yang telah dilakukan oleh pesantren-pesantren. “Karena pesantren tidak hanya melahirkan ulama, tetapi sebagai pusat pemberdayaan ekonomi masyarakat, baik disektor rill maupun keuangan”, kata Wapres dalam sambutan peresmian pembukaan musyawarah nasional Perhimpunan Saudagar Muslimah Indonesia (Persami), di Istana Wapres, Jakarta, Selasa (11/10/2022).

Menurut Wapres, usaha pesantren sekarang dapat berkembang melalui OPOP (one product one pesantren). Dia juga mengajak pemuda menjadi pengusaha, terutamama di kalangan para santri. “Saya menyebutnya Gus Iwan, santri bagus pintar ngaji usahawan”. Pungkasnya.

Wapres berharap Persami dapat terus menghidupkan semangat berwirausaha, mendorong akselerasi sertifikasi halal terhadap UMKM supaya mampu bersaing di kancah global, dan mengedukasi kepada masyarakat akan pentingnya gaya hidup halal produk dalam negeri. Karena pada dasarnya pemberdayaan ekonomi umat harus dibangun berdasarkan prinsip keseimbangan.

“Menguatkan yang lemah, tanpa melemahkan yang kuat,” tuturnya.

Penulis
Achmad Syaifuddin
Editor
Zulfikar

Tags :