Pemprov Jatim Terima PPD 2019 dari Presiden Jokowi

Jum'at, 10 Mei 2019 - 00:12
Bagikan :
Pemprov Jatim Terima PPD 2019 dari Presiden Jokowi
Khofifah Indar Parawansa menerima penghargaan dari Joko Widodo

ALFIKR.CO - Provinsi Jawa Timur mendapat pengakuan dari pemerintah pusat sebagai provinsi yang sukses mendorong pembangunan daerah di seluruh wilayahnya. Atas keberhasilannya itu, Presiden Republik Indonesia, Jokowi Widodo menyerahkan Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) 2019 berupa Piala dan Piagam Penghargaan pada kategori tingkat provinsi kepada Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, Kamis (09/05/19).

Diterimanya penghargaan tersebut, karena Provinsi Jatim dinilai Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia (Bappenas RI) mampu mengembangkan sinergitas antar sektor dan wilayah dalam pengembangan kawasan argopolitan/minapolitan.

Teknis penilaian terdiri dari perencanaan dan impelmentasi kinerja, utamannya pada tahun 2018.Fokus utama dari penilaian tersebut yakni lebih pada inovasi yang dimunculkan Pemprov Jatim serta sejauh mana instansi pemerintah tertinggi di Jawa Timur ini ikut berkontribusi dalam realisasi kinerja pembangunan wilayah.

Gubernur Khofifah menjelaskan, terdapat lima indikator kinerja utama yang ternilai melebihi dari target yang ditetapkan dalam Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) 2018. Kelima indikator tersebut antara lain, laju pertumbuhan ekonomi, penurunan kemiskinan, penurunan tingkat pengangguran terbuka, penurunan disparitas serta penurunan Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

"Capaian tersebut dinilai oleh Tim PPD yang terdiri dari Bappenas, Kemendagri dan tim penilai independen dari Perguruan Tinggi pengamat, hingga tokoh masyarakat sehingga Jatim dinilai layak mendapatkan PPD Tingkat Provinsi Tahun 2019," ungkapnya.

Dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) ini, Persiden Jokowi juga menyerahkan penghargaan serupa kepada Provinsi Jawa Tengah dan Provinsi Sumatera Selatan. Selain itu, dalam acara yang dihelat di Hotel Shangrilla, Jakarta Pusat, siang tadi, Presiden juga turut memberi arahan pada seluruh hadirin yang hadir, khususnya pada kepala daerah tentang pentingnya bekerja keras demi menyongsong 2045 Indonesia menempati ekomoni terkuat ke-5 sedunia.

(Sumber Foto: Mohammad Rizky)

Penulis
Suryali
Editor
M. Risky

Tags :