Isu Sosial dan Pranikah Akan Menjadi Pembahasan Komisi Bahtul Masail

Jum'at, 29 November 2019 - 01:48
Bagikan :
Isu Sosial dan Pranikah Akan Menjadi Pembahasan Komisi Bahtul Masail

PAITON, ALFIKR.CO- Musyawarah Kerja Wilayah (Muskerwil) yang diselenggarakan oleh Pengurus Wilayah Nahdatul Ulama (PWNU) Jawa Timur akan diadakan di Ponpes Nurul Jadid, Paiton, Probolinggo, Jumat (29/11/2019).

Rencananya dalam acara tersebut, Komisi Bahtsul Masail akan membahas sejumlah isu sosial dan keagamaan di masyarakat. Sejumlah isu itu antara lain penyalahgunaan masjid sebagai penyebaran ujaran kebencian, aksi radikalisme dan intoleransi, hingga polemik salat Jumat di masjid instansi pemerintahan dan publik.

Pembahasan ini merupakan bentuk langka NU dalam memberikan kejelasan Fikih kepada masyarakat  "Maka kita harus bersikap memberi kejelasan hukum Fikih sebagai landasan para dai untuk giat siarkan dakwah Islam Ahlussunnah Wal Jamaah yang damai dan toleran," kata Sekretaris LBM PWNU Jatim Ahmad Muntaha, Kamis (28/11/2019).

Selain Fikih, LBM juga akan membahas kebijakan sertifikasi nikah yang menjadi usulan kebijakan Mentri Agama "Pembahasannya tentu nanti akan kita pertimbangkan positif-negatifnya dari sertifikat tersebut. Tentu ada positif dan negatifnya, maka kita timbang mana yang lebih kuat, maka itu yang akan kita ambil," terangnya.

Ini merupakan prinsip dasar NU, pemerintah boleh mengambil kebijakan terhadap warganya berdasarkan kemaslahatan bersama.

Penulis
Syaiful Hukama'
Editor
Rahmat Hidayat

Tags :