Liga Champions 2022-2023: Napoli Taklukkan Ajax Amsterdam di Markas Sendiri dengan Skor 6-1

Rabu, 05 Oktober 2022 - 15:53
Bagikan :
Liga Champions 2022-2023: Napoli Taklukkan Ajax Amsterdam di Markas Sendiri dengan Skor 6-1
Pemain-pemain Napoli merayakan golnya di kandang Ajax Amsterdam, Liga Champions 2022/2023 (c) AP Photo

alfikr.id, Probolinggo- Napoli di bawah asuhan Luciano Spalletti menampilkan permainan perkasa di Liga Champions. Kini matchday ketiga Grup A UEFA Champions League (UCL) 2022/2023 Napoli membantai sang tuan rumah Ajax Amsterdam dengan skor 6-1, Rabu (5/10/2022) dini hari. Meski bermain di Johan Cruyff Arena, markas Ajax Amsterdam, sang tuan rumah tak mau meremehkan wakil Italia tersebut. 

Sejak babak pertama dimulai, Ajax Amsterdam memulai permainan dengan serangan agresif, berusaha memecah barisan pertahanan Napoli. Tuan rumah berhasil mencetak gol menit ke-9, berawal dari kerja sama apik Steven Bergwijn dan Kenneth Taylor membokar lini pertahanan Napoli. Sepakan kencang Taylor ditepis kiper lawan, namun Mohammad Kudus bisa memanfaatkan bola rebound. 

Mengejar Ketertinggalan, Il Partenopei, julukan Napoli, merespon pemainan dengan baik serta memberikan perlawanan sengit. Gol balasan tim tamu akhirnya tercipta di menit ke-18, umpan lambung yang dilesatkan Mathias Olivera dari sisi kanan ke tiang jauh dapat disambut dengan baik lewat sundulan kencang Giacomo Rasparodi. Skor 1-1.

Menit ke-33, Napoli berbalik unggul  lewat tandukan keras Giovanni Di Lorenzo yang memanfaatkan umpan lambung mengarah Khvicha Kvaratkhelia. Alih-alih menyamakan kedudukan, gawang tuan rumah kembali bergetar. Kini Piotr Zielinski mencatatkan namanya di papan skor menit ke-45 berkat tendangan keras yang tak mampu dihalau kiper Ajax. Babak pertama usai dengan skor 3-1 untuk Napoli. 

Babak kedua berjalan dua menit, kiper Ajax Remko Pasveer melakukan blunder. Bermula dari kesalahan umpan sang kiper membuat bola mengarah ke Anguissa lalu menyodorkan kepada langsung Rasparodi yang langsung melepaskan tembakan akurat ke gawang tuan rumah. 

Dominasi permainan Napoli terlihat jelas, tim asuhan Luciano Spalleti kembali memperlebar skor tepatnya menit ke-63 lewat kerja sama Rasparodi dan Khvicha Kvaratkhelia di lini depan. Khvicha Kvaratkhelia mencatatkan namanya di papan skor dan membawa Napoli unggul 5-1.

Dilansir bola.okezone.com, para pemain Ajax sangat frustrasi karena ketinggalan jauh. Sampai-sampai, sang kapten, Dusan Tadic, ceroboh melanggar pemain lawan hingga berbuntut kartu merah.

Ajax bermain dengan 10 pemain pada menit 73. Il Partenopei tak puas mencetak gol, kini giliran penyerang asal Argentina, Giovanni Simeone menambah keunggulan Napoli dengan memanfaatkan assist Tanguy Ndombele.

Skor 6-1 untuk tim tamu sampai babak kedua usai. Napoli menambahkan rekor baru, menukil idntimes.com tambahan enam gol ke gawang Ajax membuat wakil Italia saat ini sudah mencetak tiga belas gol di babak fase grup Liga Champions.

Berkat performanya itu, Napoli menjadi klub Italia pertama yang mampu mencetak sepuluh gol lebih dalam tiga pertandingan pertama fase grup Liga Champions. Selain itu, Napoli juga menjadi tim tamu pertama yang mampu mencetak lima gol lebih.

Penulis
Ahmad Efendi
Editor
Imam Sarwani

Tags :