Bisakah Olahraga Jika Memiliki Riwayat Penyakit Jantung

Kamis, 06 Oktober 2022 - 17:30
Bagikan :
Bisakah Olahraga Jika Memiliki Riwayat Penyakit Jantung
Gambar ilustrasi orang dengan nyari di bagian jantung. [Sumber foto: Republika.co.id]

alfikr.id, Probolinggo - Seseorang dengan penyakit jantung tidak bisa main-main dalam menjalani kesehariannya. Mereka memiliki gaya hidup sehat untuk memastikan penyakit tersebut tidak kambuh dan berakhir mengancam jiwa. 

Pasalnya, masalah jantung, terutama jantung koroner merupakan penyakit paling mematikan di Indonesia. Kebanyakan orang akan merekomendasikan pengidap penyakit jantung untuk sering beristirahat guna mencegah kolaps saat beraktivitas. Namun, ternyata hal ini salah besar. 

Melansir dari health.detik.com, Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah, Dexanda Pravian, menyampaikan, penderita penyakit jantung tetap dianjurkan untuk berolahraga.  Meski terpasang ring atau operasi bypass. Namun, latihan khusus dengan prosedur rehabilitasi medis.

Tujuan Pemasangan ring dan tindakan bedah bypass jantung untuk mengembalikan fungsi dan tugas jantung. Dengan demikian, seseorang yang mendapat tindakan tersebut berkesempatan menjalani kegiatannya secara normal, termasuk bekerja dan berolahraga. 

"Jadi, tidak perlu khawatir pada penderita penyakit jantung untuk tetap berolahraga, asalkan masih pada batas anjuran," ucapnya.

Ia mengungkapkan, dari hasil tes yang dilakukan pada layanan medis akan muncul anjuran olahraga. Jika olahraganya jalan, maka targetnya sekian kilometer dalam waktu 30 menit.

Dokter yang akrab disapa Dexandra itu, menerangkan, rata-rata orang dengan penyakit jantung diperbolehkan olahraga jalan santai dengan rentang 3-5 Km dalam 30 menit. Namun, perlu diingat kembali bahwa hitungan tersebut berdasarkan pemeriksaan medis secara berkala, bukan dari terkaan semata. 

"Oleh karena itu, pengidap gangguan jantung diharuskan untuk mengecek lebih rinci kondisinya supaya mendapat diagnosis dan perawatan yang tepat dari dokter ahli," tegasnya.

Penulis
Badrul Nurul Hisyam
Editor
Abdul Razak

Tags :