Di Rusia Bermain Pokemon Go di Gereja Siap-siap Lima Tahun Penjara

Selasa, 06 September 2016 - 11:32
Bagikan :
Di Rusia Bermain Pokemon Go di Gereja Siap-siap Lima Tahun Penjara
Cuplikan video Sokolovsky di YouTube saat dirinya bermain Pokemon Go di dalam gereja

MOSKOW, ALFIKR.CO - Salah seorang blogger video Rusia sebentar lagi akan dijebloskan ke penjara karena bermain Pokemon Go di sebuah Gereja Ortodoks Yekaterinburg.

Sebelumnya pemerintah Rusia sudah memperingatkan bahwa bermain gim augmented reality itu di dalam gereja akan berurusan dengan hukum.

Adalah Ruslan Sokolovsky (22) mengunggah videonya di YouTube saat dirinya bermain Pokemon Go ketika jemaat sedang berdoa. Dalam aksinya dia ingin tahu bagaimana orang bisa tersinggung ketika ada orang sedang bermain-main ponsel di gereja.

Sokolovsky akan ditahan selama dua bulan alih-alih ia bisa diperberat menjadi lima tahun karena dianggap sikap ekstremisme dan melecehkan agama, sebagaimana diungkap oleh aparat berwenang Rusia.

Sementara itu pengguna media sosial di Rusia sedang mengampanyekan kebebasan Sokolovsky dengan hashtag #FreeSokolovsky.

Seperti dilansir Moskow Times, Sokolovsky adalah seorang ateis. Awal tahun lalu ia mengunggah video YouTube yang isinya mengejek agamawan senior gereja Ortodoks Rusia.

Senator Rusia Frants Klintsevich bulan lalu sudah mewanti-wanti untuk memperketat gim monster ini. "Ini rasanya ibarat kedatangan setan (Pokemon Go) dan mencoba merusak moralitas kita dari dalam," katanya.

Adapun Ria Novosti, kepala kementerian agama Rusia, merasa ragu atas penangkapan Sokolovsky. Menurutnya masih belum ada bukti bahwa bermain Pokemon di gereja tak ubahnya pelecehan agama.

Penulis
Putro Hadi
Editor
Ahmad Efendi

Tags :