PCNU Kota Pasuruan Tampilkan Karya Seni Ukir di Bazar Nusantara

Kamis, 28 November 2019 - 22:24
Bagikan :
PCNU Kota Pasuruan Tampilkan Karya Seni Ukir di Bazar Nusantara
Bazar Buku Nusantara

PAITON, ALFIKR.CO- Pengurus Cabang Nahdatul Ulama (PCNU) Kota Pasuruan turut memeriahkan Bazar Nusantara dengan menyuguhkan puluhan karya seni ukir dan kaligrafi dari kayu.

Produk-produk PCNU Kota Pasuruan yang di tampilkan antara lain ukiran kayu logo NU, sketsa pigura tokoh-tokoh bangsa, dan hiasan-hiasan rumah lainnya.

Bazar Nusantara yang berlangsung di Pondok Pesantren Nurul Jadid, Paiton, Probolinggo itu merupakan satu dari sekain  rangkaian kegiatan Musyawarah Kerja Wilayah (MUSKERWIL) 1 Jawa Timur, yang  berlangsung tanggal 28 sampai 30 November 2019.

Menurut Anggota Lembaga Perekonomian PCNU Kota Pasuruan, Mas Huda, Seni ukir kaligrafi dan skesta tokoh-tokoh NU merupakan sumber ekonomi kreatif PCNU Kota Pasuruan.


"Karya seni ukir dan kaligrafi kayu merupakan prodak unggulan dari PCNU Kota Pasuruan," kata dia saat ditemui Alfikr.co.

Prodak seni ukir itu dijual dengan harga beragam untuk menyasar pengunjung yang inggin membeli. Semua karya seni ukir yang disuguhkan di Bazar Nusantara adalah hasil dari karya kader-kader PCNU Kota Pasuruan.

Seni ukir tersebut mengunakan kayu jati yang berada di daerah-daerah Pasuruan. Bahannya kebanyakan mengunakan sisa-sisa kayu jati yang tidak di gunakan lagi. "Lalu di ambil, kemudian di olah menjadi seni ukir kaligrafi dan skesta tokoh-tokoh NU," katanya.

Lebih jauh beliau menilai, banyak kader-kader seniman yang handal dan kreatif dari kalangan NU. Namun, mereka tidak menemukan ruang untuk memamerkan hasil-hasil karyanya. "Dengan adanya kegiatan ini, di harapkan para seniman NU khususnya bisa nampak," harapnya.

Penulis
Mushafi Miftah
Editor
Rahmat Hidayat

Tags :